8 Cara Untuk Minum Air Lebih Sering

Bisnis Fkc Syariah - Cara Minum Air Lebih Sering

8 Cara Untuk Minum Air Lebih Sering

Air adalah salah satu kebutuhan utama tubuh. Meski minum air bukan aktivitas sulit, nyatanya masih banyak orang yang tak cukup minum air sesuai kebutuhan tubuh. Bahkan, tak jarang kita baru minum saat sudah merasa haus. Padahal, rasa haus adalah tanda awal dehidrasi. Berikut tips mudah yang bisa dilakukan, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.


1. Tambahkan rasa favorit

Keharusan minum air dalam jumlah banyak memang membosankan. Karena itu, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan buah-buahan sesuai selera, seperti potongan stroberi, irisan jeruk, atau buah lainnya. Selain itu, tambahkan daun mint untuk menambah kesegaran. Masukan ke dalam botol berisi air dan diamkan di dalam kulkas. Kesegarannya akan membuat Anda ingin minum terus-menerus.

2. Makan pedas

Tambahkan sambal atau cabai pada makanan Anda, akan membuat Anda lebih sering mengambil gelas minum. Efek positif lainnya, menurut penelitian cabai akan memperlancar sistem metabolisme tubuh.

3. Manfaatkan ponsel

Coba download aplikasi Waterlogged untuk iPhone atau Water Your Body untuk android. Aplikasi ini akan membantu Anda minum air sesuai kebutuhan tubuh. Tak teratrik dengan aplikasi? Anda bisa menyalakan alarm sebagai pengingat untuk minum air.

4. Siapkan air di meja

Anda tentu sering duduk seharian di belakang meja atau duduk di pesawat selama berjam-jam dan enggan berdiri untuk mengambil minum. Semakin lama Anda duduk, maka akan semakin lama tubuh tak mendappatkan air. Untuk mengatasinya, siapkan selalu botol minum berisi air di atas meja dan di dalam tas. Sehingga, tak ada alasan untuk tidak minum. Dan jika Anda harus bekerja di belakang meja, gunakan gelas atau botol bening, agar Anda selalu ingat untuk mengisinya ketika isinya habis.

5. Bawa minum saat olahraga

Penting untuk membawa minum saat berolahraga, ini akan menggantikan cairan yang hilang. Lagipula, disadari atau tidak, membawa minum saat olahraga akan membuat Anda minum lebih banyak.

6. Makan buah berair

Agar tak bosan mengonsumsi air, Anda bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan yang kaya air seperti mentimun, melon, seledri, semangka, dan sebagainya.

7. Minum sebelum makan

Minum segelas air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan, sesuai hasil penelitian tahun 2010 yang telah dipublikasikan di journal Obesity. Mengetahui bahwa minum bisa membuat Anda makan lebih sedikit, harusnya bisa jadi motivasi untuk banyak minum air.

8. Minum sebelum tidur

Biasakan untuk minum setidaknya segelas air sebelum tidur. Ini akan membantu membersihkan racun dalam tubuh.