Kekurangan Vitamin D Dapat Menyebabkan Tulang Rapuh

Bisnis Fkc Syariah - Vitamin D

Kekurangan Vitamin D Dapat Menyebabkan Tulang Rapuh

Bisnis Fkc Syariah - Vitamin D adalah nutrisi yang sangat diperlukan tulang. Vitamin ini berperan sangat penting dalam penyerapan kalsium di usus. Konsumsi kalsium tanpa vitamin D tidak akan bermanfaat sama sekali. 


Tidak seperti kalsium dan magnesium, tubuh dapat membuat vitamin D dalam jumlah besar saat kulit terpapar sinar matahari. Kulit akan membuat vitamin D yang dikenal sebagai pro-hormon Vitamin D3 dan merupakan bentuk awal dari Vitamin D aktif. 


Vitamin D3 diubah oleh hati menjadi bentuk vitamin D lain dan selanjutnya mengalami perubahan lebih jauh di ginjal menjadi bentuk akhir vitamin D aktif yang kemudian dilepaskan ke darah untuk melakukan aktivitas biologisnya di jaringan target seperti tulang. Vitamin D merupakan hormon steroid kuat dan harus diberikan dengan hati-hati seperti berbagai jenis steroid lainnya. 


Vitamin D merupakan zat yang larut dalam lemak dan disimpan dalam lemak tubuh bila jumlahnya mencukupi serta akan mencapai dosis yang meracuni bila berlebihan. Jumlah vitamin D aktif berlebih akan menaikkan konsentrasi kalsium dalam darah ke tingkat berbahaya, yang selanjutnya dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal dan penyakit jantung. Sebenarnya, masalah defisiensi vitamin D lebih sering muncul dibandingkan masalah akibat kelebihan vitamin ini.



Cahaya matahari, sebagai sumber vitamin D, mungkin saja tidak cukup tersedia (pada saat musim dingin atau di daerah berawan) tetapi ketersediaan berlebih pun tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit serta kanker kulit. 


Tidak ada cara pasti yang dapat memperkirakan kebutuhan cahaya matahari untuk menghasilkan vitamin D bagi tubuh. Epidemi defisiensi vitamin D muncul mengglobal karena permasalahan produk susu dan cahaya matahari yang merusak belakangan ini membuat orang menghindari kedua sumber vitamin D tersebut. 


Losion anti mentari dan susu skim mungkin berperan memperpanjang usia manusia tetapi kedua benda tersebut pun berperan membuat tubuh mengalami malnutrisi tulang dan osteoporosis.


Selain osteoporosis pada orang dewasa, kekurangan vitamin D juga menyebabkan penyakit tulang rapuh pada anak-anak, yang dikenal sebagai Riketsia. Walaupun demikian, seperti berbagai vitamin lainnya yang memiliki berbagai fungsi, vitamin D pun tidak hanya khusus berperan dalam metabolisme kalsium dan tulang saja. 


Selain membantu metabolisme pada tulang, vitamin D pun mampu berperan melawan berbagai penyakit. Vitamin D berperan penting dalam pencegahan penyakit pada gusi dan gigi ompong. Kelemahan otot tungkai para manula dapat menyebabkan tubuh terjatuh dan retak tulang yang berakhir dengan biaya perawatan tinggi. 


Pemberian suplemen kalsium dan vitamin D kepada para manula dapat mengurangi tingkat kejadian jatuh secara nyata seiring peningkatan kekuatan tubuh. Sklerosis Multipel (MS) akibat penyakit autoimun berhubungan erat dengan defisiensi vitamin D. Vitamin D pun dapat mengurangi autoimunitas pada hewan model dengan MS. 

Produk Calcimag D mengandung  Kalsium, Magnesium dan Vitamin D


Vitamin D aktif dapat menginaktivasi sel darah putih penyebab penyakit autoimun. Kesempatan hidup pasien dialisis meningkat signifikan setelah mendapat suntikan vitamin D. Hal tersebut terjadi karena ginjal berperan memproduksi bentuk akhir vitamin D aktif yang diperlukan oleh tubuh. 


Pada percobaan terhadap hewan di laboratorium, vitamin D menghambat penyebaran kanker dan pertumbuhan pembuluh darah penyuplai nutrisi bagi tumor baru. Peran-peran tersebut hanyalah sebagian dari peran vitamin D yang esensial dan istimewa ini.




Salam Friendship Kindness Care

Dwi Right
0822 1321 7720
0856 0668 3232

Komentar (0)

Posting Komentar