7 Tips Memilih Bisnis MLM Yang Bagus

Bisnis Fkc Syariah - 7 Tips Memilih Bisnis MLM Yang Bagus

7 Tips Memilih Bisnis MLM Yang Bagus

Dikutip dari sebuah artikel di website kompasiana, judul diatas mewakili pertanyaan sebagian besar orang yang akan menekuni bisnis MLM maupun yang belum berhasil walaupun sudah menekuni beberapa bisnis MLM. Tidak bisa disangkal bahwa Bisnis MLM adalah satu dari sekian bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil tapi hasilnya Besar dan sudah banyak yang sukses dalam bisnis MLM sejak industri MLM ini lahir di abad ke 20. 

Bagaimana kisah-kisah luar biasa, mengharukan, pencapaian fantastis dan mengubah hidup banyak orang sejak mulai bergulirnya bisnis MLM sampai dengan sekarang di seluruh dunia termasuk Indonesia. Bisnis MLM adalah bagaimana tentang kita memanfaatkan jaringan kita (Network) agar menghasilkan manfaat finansial untuk kehidupan kita dan kita memerlukan kendaraan untuk untuk mencapai impian kita dan untuk itulah hadir Bisnis MLM. 

Disebabkan Industri MLM ini begitu menggiurkan dan menghasilkan omset dan pencapaian yang luar biasa maka terjadilah penyusupan dari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan dalam industri MLM ini seperti Skema PONZI / Piramida maupun perkembangan yang terjadi kemudian yang mana mereka tidak menjual produk yang nyata dan bermanfaat melainkan hanya sebagai kedok permainan uang (money game) dengan pembayaran bonus/komisi berdasarkan rekruit orang baru dengan segala modus dan cara dan mereka juga menyebutnya Bisnis MLM dan, karena terlalu banyak Bisnis MLM maka masyarakat sudah tidak bisa mengenali lagi mana MLM yang baik dan mana yang disebut MLM nakal, Money Game, Investasi Bodong dan segala sebutannya.

Dan akhirnya memang terjadi ledakan kehancuran Bisnis Investasi Bodong, money game dan sejenisnya dan kejadian terbaru terjadi diakhir tahun 2016 ini. 

Celaka nya, dikarenakan mayarakat tidak bisa mengenali mana Bisnis MLM yang baik dan mana yang hanya mengatasnamakan MLM tapi merusak kepercayaan masyarakat Indonesia, akhirnya terjadi Antipati, penolakan, kebencian, ketakutan, trauma terhadap segala jenis Bisnis MLM. 

Ini disebut krisis kepercayaan terhadap Bisnis MLM yang bisa membuat perjuangan para Distributor MLM menjadi lebih sulit terutama jika tidak mendapatkan bisnis MLM yang tepat dan cocok untuk sukses. 

"Apakah Bisnis MLM akan ditinggalkan ataupun punah ?" tentu saja jawabanya adalah : Tidak Akan.

Karena MLM akan selalu menjadi salah satu pilihan diantara sekian pilihan yang bisa memulai bisnis dengan modal kecil tapi hasil besar, tingginya tingkat persaingan didunia kerja sehingga akan menimbulkan banyaknya pengganguran dan bisnis konvensional yang membutuhkan modal besar yang tidak semua orang bisa menjalankannya. 

Artinya Bisnis MLM tetap akan menjadi pilihan dan solusi bagi sebagian besar masyarakat dan itulah Market nya. 
Yang terpenting adalah kita harus lebih cerdas dalam memilih Bisnis MLM yang tepat dan cocok dengan rasional. Jika Anda sedang mencari tau bisnis MLM yang bagus, ini ada 7 tips memilih bisnis MLM yang bagus : 


1. Legalitas

Semua legalitas produk dan perusahaan MLM seperti : Siup-L dari BKPM, izin BPOM (untuk produk kesehatan dan kosmetik ), APLI ( komunitas Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia untuk kepercayaan masyarakat terhadap bisnis MLM) 

Dengan kita sebagai Distributor bisa menunjukan legalitas perusahaan kepada calon prospek maka mereka akan timbul kepercayaan terhadap kita sebagai distributor sehingga lebih memudahkan bisnis kita.

Contoh seperti Legalitas Bisnis FKC :

  • Akta Perubahan : SK Menhukam Nomor: C-19.HT.03.02-TH.2006, tgl 27 Februari 2006
  • API-U : 090206229-P
  • IT : 07.09.0236
  • NPWP : 02.530.681.2-074.000
  • SIUP : 05513/P-01/1.1824.271
  • SIUPL : 45/1/IU/PMDN/2013
  • TDP : 09.05.1.46.56530
  • SKDP : 235/1.824.02/V/2014
  • APLI : 0143/11/12 (Terdaftar Sejak Tahun 2012)
  • Syariah : 003.40.01/DSN-MUI/III/2016
  • BBB : ACCREDITED SINCE 06/23/2004
  • BPOM : SI 164307361, ML 232009001558, SI 154306461, SI 154505721, SI 084327251, TI 094340741, SI 154305461, SI 144504931 dan seterusnya

2. Target Market

Lebih baik memilih perusahaan yang memiliki target market yang trend nya menanjak terus, bukan trend yang besok hilang. Contoh beberapa target market yang trend nya PASTI menanjak terus adalah kesehatan & kecantikan. Hindari target market yang meledak di depan, hanya ikut"an saja.

3. Produk (consumable)

Jika target market nya sudah benar berada di trend yang terus diperlukan orang banyak. Berikutnya harus ada produk yang habis dikonsumsi, bagus dan unggul dibandingkan produk sejenis, TIDAK ADA SAINGAN. Jika Anda hanya memiliki produk MLM yang sama seperti di pasaran,

tapi harganya mahal.. susah untuk dijual..

Produk perusahaan MLM cenderung mahal, oleh karena itu produk harus memiliki keunggulan yang signifikan dan eksklusif.

4. Model Bisnis

Ini yang banyak orang tidak mengerti, perusahaan dengan model marketing MLM, RENTAN SEKALI TERJADI PENIPUAN..

seperti arisan berantai.. member get member..

Anda harus jeli melihat perusahaan yang sehat dari perusahaan itu sendiri. Produk nya harus terbukti bagus, dicari, dan diperlukan oleh orang banyak (consumable) habis dikonsumsi, sehingga konsumen beli lagi. Jika produk nya tidak habis dikonsumsi, perusahaan MLM cenderung penipuan...

Uang siapa yang dibayarkan jika tidak ada yang beli produk ?


Banyak orang yang ingin mudahnya saja, yaitu tanpa Auto-ship atau pembelian uang setiap bulannya. Bisa jadi produk hanya dijadikan 'kedok', aslinya hanya permainan uang semata. (money game).

Ingat selalu produk unggul dan berkualitas yang habis dikonsumsi

5. Sistem Kompensasi

Bisnis MLM memiliki kekuatan di sistem kompensasi nya, tapi pastikan sistemnya fair, sederhana (mudah dimengerti), dan hasil nya besar. Sistem yang fair artinya, orang yang baru join belakangan, harus bisa memiliki potensi yang sama untuk mendapat hasil lebih besar daripada sponsor nya. 

Lalu pastikan sistemnya sederhana dan mudah dimengerti, agar tiap member dapat mudah mengerti dapat bonus dari mana. Dan yang terahir bonus nya besar, Anda bisa lihat dari hasil income yang didapatkan.

Rencana kompensasi yang bagus yang menguntungkan pihak distributor dan perusahaan akan memastikan Distributor akan berjuang maksimal dalam mengejar bonus serta Perusahaan akan untung sehingga bisa meningkatkan investasi untuk pengembangan bisnis dan akan menjadi Bisnis MLM jangka panjang dan bisa diwariskan sesuai dengan janji.

6. Visi Misi Perusahaan

Visi Misi perusahaan merupakan hal yang wajib untuk ditanyakan oleh setiap distributor yang ingin bergabung karena akan menentukan seberapa berkembangnya kita dalam bisnis, apakah perusahaan memiliki visi jangka panjang atau hanya jangka pendek ( coba-coba, hit and run ). semua itu bisa dilihat dari reputasi ownernya dan seberapa besar investasi yang dikeluarkan dalam menyediakan produk, sistem maupun pelatihan untuk distributornya.

Pilihlah perusahaan yang memiliki prestasi TERBAIK dan KELAS DUNIA, dan perusahaan mengikuti trend perubahan, seperti sekarang perusahaan yang menggunakan teknologi INTERNET untuk menjangkau seluruh dunia. Selalu pilih perusahaan yang ingin menjadi yang TERBAIK di bidangnya dan selalu BERTUMBUH. Ini bisa dilihat dari penghargaan KELAS DUNIA yang sudah dicapai 

7. Leader & Support System

Nah... TERNYATA....

Apa yang saya sadari adalah memiliki perusahaan yang bagus bukan jaminan Anda akan sukses, karena banyak sekali kasus.. orang gonta ganti perusahaan, tapi tetap saja tidak sukses... 

Jadi bukan lah hanya perusahaan yang penting, bukannya produknya yang penting, bukannya sistem nya yang penting, bukan trend nya yg penting, dll... 

TAPI.. Apa yang paling membedakan adalah LEADER nya ! 

ya betul LEADER nya ! kekuatan di bisnis MLM adalah duplikasi nya, jika LEADER Anda tidak bisa mengajarkan Anda cara yang terbukti efektif di era INTERNET. 

Maka Anda akan sangat sulit sekali berkembang... 

yang akhirnya malah mencari bisnis MLM lain nya trus terus terus dan tidak ada yang maju... 

Selain LEADER bisnis MLM harus mempunyai Support Sistem, ini akan membekali Anda dengan ilmu dan pengetahuan sukses di bisnis MLM, bedanya ilmu dan pengetahuan ini harus memiliki ETIKA, JUJUR, BENAR, dan EFEKTIF di jaman Internet.

Jika support sistem nya hanya efektif di jaman dahulu, Anda melewatkan kekuatan Internet di jaman seperti ini. 

Edukasi, training, workshop, semua itu akan menghasilkan para distributor tangguh yang pada akhirnya akan berjuang maksimal untuk perusahaan serta didukung oleh support system yang terkini seperti teknologi web, online dan hal-hal baru yang terus bermunculan dalam era teknologi sekarang ini. ini semua harus disediakan oleh perusahaan MLM yang serius untuk bisnis jangka panjang. 

Jadi,

Jangan cepat tertarik dengan semua yang diucapkan atau dipresentasikan, karena bisa saja itu hanya ‘tipuan’ yang tampak manis didepan. Anda harus meneliti sendiri, apakah ini perusahaan yang bagus atau jelek. 

Saran saya jika bisa pilihlah perusahaan PREMIUM alias yang bagus sekalian walaupun modal awalnya lebih besar, Namun enak ke belakang nya... 

Dengan USAHA (CAPEK) nya sama, HASIL nya lebih besar.