Apa Itu Sikap Positif ? - BISNIS MLM TERBARU | BISNIS FKC SYARIAH | 0822 1321 7720

Cari Blog Ini

Breaking

Apa Itu Sikap Positif ?

Bisnis Fkc Syariah - Sikap Positif

Apa Itu Sikap Positif ?

Bisnis Fkc Syariah - Ada beberapa kata yang merefleksikan kunci-kunci utama menuju sukses dan kata yang pertama adalah LUCK (nasib). Unsur ini paling sering diucapkan orang sebagai jalan pintas (shortcut) mencapai sukses. Apakah Anda setuju jika LUCK merupakan faktor yang paling menentukan keberhasilan seseorang? Marilah kita sedikit bermain dengan huruf abjad. 

Cobalah tulis di selembar kertas, atau di Sisi kosong buku ini urutan abjad mulai dari A hingga Z. Kemudian, Anda tuliskan angka yang merepresentasikan nilai dari masing-masing abjad. 

Misalnya, 

A—I; 
B=2; 
C=3;... 
Z=26. 

Nah sekarang, untuk kata LUCK jumlahkanlah nilai dari masing-masing hurufnya. Berapa angka yang Anda dapat? Oke simpan jawaban Anda sementara. 

Sekarang kita beralih ke kata kedua yang merupakan kunci mencapai kesuksesan, yaitu KNOWLEDGE (pengetahuan). Apakah Anda setuju bahwa faktor ini merupakan faktor paling menentukan keberhasilan seseorang? 

Kembali, Anda gunakan metode serupa untuk melihat berapa besar nilai dari KNOWLEDGE. Kata selanjutnya adalah kata yang paling sering ditekankan oleh para orang tua dalam menasihati anak-anaknya untuk mencapai kesuksesan, dan kata tersebut adalah HARDWORK (kerja keras). 

Seseorang tentu bisa mencapai kesuksesan jika ia mau bekerja keras. Apakah Anda setuju bahwa faktor ini merupakan faktor yang terpenting menuju sukses? 

Baiklah, kita coba sekali lagi menghitung berapa nilai yang dapat diperoleh dari kata ini. Sudah Anda dapat? Pertanyaannya, adakah satu dari kata-kata tersebut yang bernilai maksimum (100%)? 

Sekarang bandingkan jawaban Anda dengan kata ATTITUDE (sikap). Menurut saya, attitude merupakan_fon- dasi terpenting yang menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Sekarang, hitunglah nilai dari ATTITUDE. Berapa Anda dapat? Tepat sekali! 100%. 

Artinya, attitude memang merupakan faktor terpenting dalam mencapai kesuksesan seseorang. Ini memang hanya sebuah permain-an kecil berupa huruf-huruf abjad, tetapi dalam kehidupan ini, kenyataannya, keberuntungan, nasib, kepandaian, pengetahuan, dan kerja keras tidak sebanding dengan pentingnya attitude. Oleh karena itu, saya biasa mengistilahkan attitude sebagai the magic word! Fondasi kesuksesan, dengan demikian, sangat ditentukan oleh attitude. Rasanya tidak berlebihan jika William James, Profesor Psikologi terapan dari Harvard University menyatakan, "Penemuan terbesar dalam generasi saya ada/ah kesimpulan bahwa manusia dapat mengubah hidupnya dengan cara mengubah cara pikirnya ". 

Pernahkah Anda memikirkan mengapa seseorang, suatu organisasi, suatu perusahaan, bahkan suatu negara jauh lebih sukses dibanding yang lainnya? Apa yang menjadi faktor paling utama dan pertama dalam membedakan hal ini? Jawabnya adalah Attitude! Ini bukanlah suatu rahasia. Dengan attitude yang positif, Anda akan lebih mudah mencapai keberhasilan. 


Bagaimanakah sebenarnya definisi dari attitude? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, cobalah Anda perhatikan beberapa pernyataan berikut ini. 


Mereka dengan attitude negatif berpikir, "Saya tidak bisa.' 
Mereka dengan attitude positif berpikir, "Saya pasti bisa.' 


Mereka dengan attitude negatif berkata, "Mungkin ada jalan keluar, tetapi terlalu sulit.' 
Mereka dengan attitude positif berkata, "Hal ini mungkin sulit, tetapi pasti ada jalan keluar.' 


Mereka dengan attitude negatif selalu pasrah dengan keadaan, ssementara 
Mereka déngan attitude positif selalu mengambil tindakan. 


Mereka dengan attitude negatif selalu melihat keterbatasan-keterbatasan, sedangkan 
Mereka dengan attitude positif selalu melihat kemungkinan 


saya YAKIN, setelah membaca beberapa kalimat tadi, Anda mendapatkan gambaran yang semakin jelas tentang definisi attitude sesungguhnya. Ada yang mendefinisikan attitude sebagai "cara pandang seseorang dalam melihat suatu keadaan". 

Ada pula yang mendefinisikan attitude sebagai "sikap hidup seseorang". Apa pun definisi Anda tentang attitude, sesungguhnya ia merupakan "jendela" Anda terhadap dunia luar. 

Sebagaimana yang dikatakan oleh Jeff Keller, "Attitude is your window to the world" (attitilde adalah jendela Anda terhadap dunia). 

Dalam kehidupan, kita harus bertanggung jawab terhadap "jendela" yang kita miliki, "Jendela" tersebut bisa bersih, tetapi bisa juga berdebu, kotor, bahkan berlumpur, Anda sendiri yang bertanggung jawab terhadap "jendela" Anda. 

"Jendela" yang kotor disebabkan karena pemiliknya selalu mendominasi hidupnya dengan attitude yang negatif sehingga tidak mampu melihat setiap persoalan dengan jernih. Dalam hidup ini, Anda dapat memilih untuk mendominasi hidup Anda dengan positive attitude atau dengan negative attitude. 


It's your choice! 


Jika ditilik dari sudut pandang attitude, kita mungkin dapat menjawab pertanyaan besar dalam hidup ini tentang begitu banyak ironi dalam kehidupan. Sebagai contoh, kita pernah melihat seorang yang dilahirkan dengan cacat pada tubuhnya, atau dilahirkan dari keluarga yang sangat miskin, atau seorang yang tidak dibekali ilmu pengetahuan yang cukup bahkan dituding memiliki "IQ jongkok", tetapi justru di dalam perjalanan hidupnya ia mampu menjadi orang yang terkenal dan sukses. 

Di Sisi lain, ada juga orang-orang yang dilahirkan dari keluarga yang mampu, diberikan sekolah yang tinggi bahkan menjadi murid yang pintar pada saat sekolah, memiliki tubuh sempurna, tetapi dalam perjalanan hidupnya justru malah menjadi pecundang atau justru menjadi sampah masyarakat. 

Sungguh ironis, bukan? Bagaimana fenomena ini bisa terjadi? Jawabannya terletak dari dua kata, yaitu CAN (kemampuan) dan WILL (kemauan). Banyak orang yang mempunyai kemampuan untuk mewujudkan sesuatu, tetapi tidak mempunyai kemauan karena sikap yang negatif. 

Seorang anak muda yang baru lulus dari program S2-nya, ketika terjun di bidang sales diminta untuk melakukan prospecting door-to-door. Secara kemampuan, ia adalah seorang yang mampu dalam kapasitasnya meyakinkan pelanggan. Namun, karena sikapnya yang merendahkan pekerjaan tersebut, ia tidak mau melakukannya dan tidak berhasil mendapatkan penjualan. 

Sebaliknya, seorang sales yang tidak memiliki kemampuan tetapi memiliki kemauan besar malah mampu melaksanakan tugas tersebut tanpa beban dan berhasil. Memang benar kemauan yang besar dapat mengalahkan kemampuan yang besar. 

Berhati-hatilah terhadap pilihan sikap Anda setiap hari! 




source : The Power of Positive Attitude


Salam Friendship Kindness Care 

0822 1321 7720 
0856 0668 3232